DESTINASI KULINER DI CIREBON

Lanjut gak nik rekomendasi kuliner di cirebonnya? Simak baik baik yaaa!

1.Docang

Kalau sampai di kota ini subuh atau pagi hari, cus aja langsung makan Docang. Makanan ini merupakan menu sarapan yang udah terkenal banget, ga beda jauh dengan lontong sayur. Docang terdiri tauge, daun singkong dan kucai yang disajikan dengan potongan lontong, parutan kelapa, kerupuk dan juga disiram dengan kuan oncom yang berwarna merah. Katanya makanan yang satu ini ada kaitannya dengan legend Wali Sanga, bener gak ya?

2.Nasi Lengko

Kamu ga bisa jauh-jauh dari nasi? selain nasi jamblang, cobain juga nih nasi lengko. Makanan yang satu ni bisa kamu temui di sekitaran pantai utara Jawa. Walaupun nasi ini sangat sederhana, tapi rasanya jangan di tanya karena udah pasti enak banget. isian dari nasi lengko hanya tauge rebus, tahu, tempe mentium yang di siram dengan bumbu kacang dan kecap. Topping lain yang bisa kamu pakai pun bawang goreng dan kerupuk.

3.Mie Colot

Mie colot merupakan mie yamin khas Cirebon. Mie nya dibuat dengan helaian yang sangat tipis dan halus lalu di rebus bersama sawi hijau. Mie colot akan dicampur dengan kecap manis, minyak ayam kemudian diberi topong ayam dan jamur yang udah di masak terlebih dahulu. Tambahan lainnya kamu bisa meminta kuah baso yang sudah idisi dengan bakso tahu, bakso dan siomay yang disajikan dengan mangkuk terpisah

4.Kue Tapel

Kita beralih dulu yuk ke cemilan ringan. Cirebon punya makanan yang disebut dengan kue tapel. Kue ini ga jau beda dengan crepe, namun kalau pernah menemukan ini di Cirebon, kamu adalah orang yang beruntung. Pasalnya makanan ini sudah jarang ditemukan. Kue tapel yang berbahan dasar tepung terigu itu dibuat bersama gula merah, ketan, dan kelapa. Ketika di masak, harumnya akan mengajak orang yang mencium untuk membeli.

5.Es Cuwing

Es cuwing ini sama seperti cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau. Makanan penutup ini disajikan dengan kuat santan yang pekat ditempah dengan gula merah dan sirup. Terkadang, es cuwing ini dilengkapi dengan kental manis dan kelapa muda.

6.Gado-gado ayam

Walaupun namanya unik, namun isian dari gado-gado ayam ga jauh berbeda dengan gado-gado sayuran yang berisi dari lontong, telur, tahu, tauge, mentimun, kentang dan emping. Namun yang membeedakan  gado-gado ini adalah adanya suwiran ayam, bawang goreng dan di siram dengan kuah kuning yang kental.

7.Bubur Sop Ayam

Mungkin kamu akan bingung dengan makanan yang satu ini. Bubur sop ayam ini lebih mirip dengan nasi tim makanya ga terlalu encer. Selain diberi kuah yang melimpah, makanan inipyn diberi kacang kedelai, daun bawang, soun, kol, ampela dan irisan ayam, tak lupa dengan bawang gorengnya. Dijamin deh kalo sarapan bubur sop ayam udah bakal auto kenyang.

8.Sate Kalong

Meskipun namanya sate kalong, tapi sate yang satu ini ga di buat dari daging kelelawar kok, melainkan dibuat dari daging kerbau. Terus kenapa dikasih nama sate kalong? Pasalnya penjual sate ini beroperasi pada malam hari makanya disebut dengan sate kalong.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Cirebon, at least kamu harus cobain yaa satu makanan apapun. Kira kira mau kuliner dari kota mana lagi nih yang ingin di bahas? Semoga artikel ini membantu buat kamu yang ingin berkuliner di Cirebon!

Leave a Reply

Your email address will not be published.