HIDDEN GEM KULINER DI TENGAH KOTA YOGYAKARTA TEPATNYA DI PASAR BERINGHARJO (part 2)

 

 

1.Jenang

Jika ingin makan kuliner yang gak terlalu berat, cobain deh berbagai macam jenang miliki Bu Darmini. Makanan yang satu ini juga cocok buat kamu yang sedang ingin makanan yang manis. Disini terdapat macam-macam jenang seperti Jenang biji salak, Jenang wajik, jenang mutiara dan jenang sumsum. Semua itu tentunya dibuat dari bahan yang berbeda ya guys, tapi biar gak pusing lebih bak kamu pesen yang campur aja deh karena rasanya pun udah dijamin enak. Gak lupa disiram dengan kuan santan yang gurih dan diberi gula jawa cair. Udah deh semua jenis jenangnya bakal lumer banget di mulut. Untuk satu gelasnya dijual seharga Rp 9.000 kamu sudah mendapatkan semua varian jenang. Lokasinya pun tepat dekat dengan Sate Kere mbah Suwarni ya guys, jadi belinya mending sekalian aja.

 

2.Bakmi Pentil

Bakmi pentil ini harus banget dicobain karena berbeda dengan bakmi yang lainnya. Bakminya itu di produksi sendiri menggunakan tepung singkong, walaupun memang gak ada rasanya tapi gak akan bikin kamu cepat kenyang. Mungkin kamu bakal aneh kenapa bakmi ini sangat polos banget bahkan gak diberi apapun, ya itulah keunikannya. Bakmi ini bisa kamu santap bersama dengan burung puyuh goyeng ataupun bacem. Selain itu jenis bakminya pun ada yaitu yang putih dan kuning. Jangan kaget harganya karena satu porsinya bakmi ini dijual hanya 5 ribu aja guys! Bakmi ini terdapat di daerah Pintu Selatan Pasar Beringharjo

 

3.Soto Pites Mbah Galak

Makanan selanjutnya yaitu ada Soto Pites Mbah Galak. Sotonya memang gak jauh berbeda dengan soto biasanya, namun kuahnya memang agak kuning kecoklatan karena dibuat dari rempah-rempah pilihan. Kenapa dinamakan pites? Karena setiap porsinya akan diberi cabai untuk cita rasa yang lebih pedas. Cara mencampurkan yaitu di pites atau di lumatkan di dalam sotonya. Ada yang tau kenapa namanya Mbak Galak? Konon katanya si penjualnya itu memang terkenal sangat galak, namun kini soto pites sudah di pegang oleh generasi ketiganya. Soto ini pun terdapat 2 macam yaitu ayam dan sapi, untuk satu porsinya dijual hanya Rp 9.000 aja.

 

 

 

 

4.Sego Empal

Pasar Bringharjo memang gak buka sampai malam ya guys, jadi lebih baik kesini saat jam makan siang atau pagi. Kuliner selanjutnya yaitu ada Sego Empal milik Bu Warno, makanan yang satu ini lebih cocok disaat sedang laper karena bisa bikin kenyang. Satu porsinya terdiri dari nasi dan beberapa potongan empal yang sangat gurih dan tentunya sudah di masak sangat empuk. Rasanya yang meresap kedalam dijamin bisa bikin ketagihan, apalagi jika di beli sambal wah pokonya wuenak e puoooll! Range harganya pun termasuk murah kok sekitar 19-22 ribu saja.

 

5.Makanan Ringan

Keliling-keliling sudah, belanja sudah, isi perut juga sudah, yang belum apa ya? hmmm yakin gak akan beli oleh-oleh buat teman atau keluarga? Di Pasar Beringharjo ini banyak banget kios atau pedagang roda yang menjual berbagai macam oleh-oleh seperti bakpia, wajik, krasikan, geplak dan masih banyak yang lainnya. Harganya pun termasuk murah sekitar 10-15 ribu tergantung jenisnya. Jadi setelah semuanya selesai, kamu gak perlu jauh-jauh mencari oleh-ileh ditempat lain. Pulang dari Pasar Beringharjo langsung istirahat deh di hotel.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.