HIDDEN GEM KULINER DI TENGAH KOTA YOGYAKARTA TEPATNYA DI PASAR BERINGHARJO 

Gak lengkap rasanya bila ke Yogyakarta gak mampir dulu ke daerah Malioboro. Selain banyak oleh-oleh yang bisa beli, banyak juga makanan-makanan yang bisa kamu cicipi di pinggir malioboro. Eits tapi tunggu dulu, ada yang udah pernah ke Pasar Beringharjo belum? Pasar ini terletak di ujung Malioboro sebelah kiri, depan toko Hamzah.

Walaupun gak terlalu besar, setidaknya kamu bisa mencari apapun yang kamu butuhkan disini. Pasar Beringharjo gak cuma jual pakaian saja kok, disini pun ada surga makanan yang mungkin banyak orang yang belum tau. Kuliner disini pun terbilang cukup lengkap, hampir sama di sepanjang pinggir jalan Malioboro, bedanya disini lebih murah dan pokonya kalian harus banget datang kesini deh. Kalau bingung mau makan apa, baca dulu informasi dibawah ini!

 

1.Pecel Pincuk

Makanan yang lumayan berat ini udah gak asing lagi kan pastinya. Jika kamu laper atau sekedar ini mengisi perut, pecel pincuk ini bisa banget kamu cobain. Pecel ini terdiri dari beberapa sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Untuk lebih nikmati lagi, pecel ini bisa di makan bersama gorengan yang tersedia atau pilihan sate yang bisa kamu ambil. Jika satu porsi pecel gak buat kamu kenyang, kamu bisa minta tambah nasi ataupun lontong dan tentunya bayar lagi ya guys.

Dinamakan pecel pincuk karena makanan ini disajikan di daun pisan yang dibuat seperti kerucut. Jadi kamu gak bakal tuh nemuin yang namanya piring, untuk satu porsinya pun terbilang sangat murah yaitu 10.000. Beda lagi kalau kamu nambah sate, gorengan atau pakai nasi.

 

2.Sate Kere

Jika kamu suka jeroan sapi, mungkin sate kere ini bisa dicoba. Sate yang terbuat dari gajih sapi ini memang sangat terkenal apalagi miliki Mbah Suwarni. Rasanya yang enak dan gurih gak heran jika banyak banget pengunjung yang datang. Belum lagi saat proses pembakarannya, aromanya sangat keluar sehingga bisa membuat pengunjung yang lewat penasaran.

Selain rasanya gurih, sate kere ini juga cenderung manis karena diberi kecap. Untuk kamu yang gabisa makan jeroan sapi, disini pun ada sate daging sapi kok jadi jangan khawatir ya. Satu porsi sate kere ini dihargai 10.000 per porsinya denga nisi 3 tusuk. Mampirnya ke Sate Mbah Suwarni aja ya, katanya sih lebih enak daripada yang lain.

 

3.Sup Kembang

Kali ini kita beralih dulu ke makanan yang kuah-kuah yaitu ada Sup Kemang milik Bu Mala. Sup Kemang ini terbuat dari beberapa sayuran seperti sup pada umumnya, namun diberi lauk yang terbuat dari daging ayam yang dibungkus telur. Bentuknya menyerupai dimsum, namun kalau yang ini lebih mekar dan besar. Rasa supnya sangat segar dan gurih karena memang dicampur juga dengan kaldu ayam, sehingga bisa bikin kamu nagih. Untuk satu porsinya dibandrol hanya Rp 15.000 saja kok guys, dijamin kamu bakal kenyang.

 

4.Es Dawet

Panasnya Yogyakarta di siang maupun malam hari membuat kita selalu haus terus-terusan. Nah untuk mengatasinya kamu bisa nyobain es dawet dari mbah hari ini. Pas banget rasanya kalau sudah keliling dan belanja di Pasar Beringharjo, mampir dulu sebentar untuk mencicipi es dawet yang terkenal ini. Mbah Hari sendiri sudah berusia 73 tahun namun tetap semangat dalam mencari nafkah, satu porsinya hanya dibandrol Rp 5.000 aja guys. Murah banget kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.