KULINER TIONGHUA KHAS SINGKAWANG

Singkawang adalah salah satu daerah kecil di Kalimantan Barat. Daerah ini memang banyak masyarakat Tionghoa karena memang disana terdapat kelenteng. Daerahnya yang sangat strategis membuat penduduknya mudah untuk mencari nafkah. Budayanya pun sangat kental karena terdiri dari beberapa budaya namun mereka menjunjung toleransi yang tinggi.

Seperti dengan daerah atau kota lain, Singkawang ini pun punya banyak sekali makanan yang bisa dicicipi. Tapi untuk kali ini, kita akan memberi rekomendasi tentang makanan khas tionghoa yang biasa dibuat oleh masyarakat singkawang. Kira-kira makanan ini bisa ditemui di daerah lain gak ya? simak dulu yuk!

 

1.Talam Ebi

Talam ebi atau biasa disebut dengan hampan memiliki arti kue asin. Ham artinya asin, pan artinya kue, kue ringan yang satu memang ditaburi oleh sayur yang sebelumnya sudah dimasak terlebih dahulu dengan ebi, dan rempah-rempah lainnya. Lapisan bawah kuenya terbuat dari tepung sehingga menghasilkan warna putib bersih. Kue ini memang cenderung gak berasa apapun tapi teksturnya sangat lembut, namun jika dimakan bersama taburan diatasnya maka akan menghasilkan rasa yang gurih dan tentunya enak.

 

2.Kin Ci Chau Pan

Makanan ini pada dasarnya merupakan kwetiau namun versi vegetariannya. Cara memasaknya pun gak pakai daging, tapi diganti dengan sayur-sayuran seperti tauge, sawi yang dicampur dengan telor. Bumbunya pun hanya diberi penyedap rasa, bawang putih giling dan diberi kecap. Jika kamu penggemar makanan pedas tinggal di tambah sambal aja. Untuk yang mencari kuliner ini jangan khawatir, karena di Singkawang sendiri banyak banget yang jual makanan seperti ini.

 

3.Choi Pan

Makanan selanjutnya yaitu ada Choi Pan, bagian tengah dari kue ini dibuat dari beberapa sayur seperti rebung, talas, bengkuang dan sayuran lainnya lalu setelah dalamnya dicampur kemudian dibungkus dengan kulit. Kulitnya ini dibuat dari tepung yang di masak hingga menjadi adonan kulit dan teksturnya berubah menjadi lebih tipis. Setelah semuanya sudah dibentuk, Choi pan ini harus di kukus kurang lebih 15 menit. Jika sudah matang harus langsung diberi olesan minyak bawang putih dan juga ditaburi bawang putih goreng agar choi pan ini lebih wangi dan menambah cita rasa.

 

4.Cu Nyuk Moi

Cu Nyuk Moi ini bisa kita sebut dengan bubur babi, jadi buat yang muslim lebih biak hindari makanan ini ya. Bubur ini mirip dengan bubur pada umumnya, namun diberi kaldu babi sebagai kuahnya, lalu toppingnya pun semua dari babi. Yang sama dengan bubur lainnya yaitu dengan pemberian telur dan bawang saja. Untuk rasa yang lebih pedas pun tak memakai sambal melainkan memakai lada putih.

 

5.Bakso Sapi

Bakso memang menjadi kuliner yang banyak disukai oleh orang-orang dan saat kamu berkelilin Indonesia pun pasti banyak menemuka penjual bakso, seperi di Singkawang ini. Namun ada yang unik dari daerah Singkawang ini yaitu sambalnya. Racikannya berbeda dengan yang lain, namun untuk satu porsi baksonya tetap sama seperti yang lainnya terdiri dari sayur, tauge, tahu dan lain-lainnya.

 

Itulah kuliner yang harus kalian cobain jika mampir ke Singkawang. Empat makanan diatas itu semuanya halal kok kecuali Cu Nyuk Moi atau bubur babi. Selain kuliner-kuliner masyarakat TiongHoa yang bisa kamu cicipi, disini pun banyak kuliner lainnya seperti dari Dayak, melayu dan kuliner lokal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.