KULINER WAJIB KALAU LIBURAN KE SOLO!!

Solo atau bisa disebut dengan Surakarta merupakan kota asal dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang merupakan kota ketiga terbesar di pulau Jawa. Jika kamu ada rencana mudik atau liburan ke kota ini, ga cuma tempat wisatanya saja yang bisa kamu kunjungi, tapi kamu pun harus mencicipi kulinernya.

Mau tau rekomendasi kuliner apa saja yang harus didatangi? Simak ya!

1.Serabi Notosuman

Serabi merupakan salah satu makanan khas solo yang cukup terkenal. Namun serabi yang satu ini berbeda dengan serabi biasanya, walaupun sama-sama dibuat menggunakan tungku kecil. Serabi Notosuman menghasilkan serabi yang memiliki tekstur lembut dan cenderung lebih gurih.

Terdapat dua pilihan rasa yakni original dan coklat. Yang uniknya serabi disini adalah serabi di gulung menggunakan daun pisang, meskipun dibuat untuk oleh-oleh serabi ini tetap enak kok kalau di makan ketika sudah dingin.

2.Timlo Sastro

Timlo merupakan sup yang berkuah bening biasanya disajikan dengan ayam suwir, ample, hati, dan sosis solo. Timlo ini kana lebih nikma jika dicampur dengan nasi dan juga diberi perasan jeruk nipis plus sambal. Sebenernya kamu akan menemuka penjual timlo dimana pun, namun ada satu yang paling terkenal yaitu Timlo Sastro yang berada di Jalan Kapten Mulyadi No.8, belakang Pasar Gedhe Solo.

Kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal, makanya ga heran jika kesini selalu ramai. Cukup merogoh kocek sesebesar Rp 20 ribu, kamu sudah bisa menikmati semangkuk Timlo komplit, siap-siap untuk ngantri ya!

3.Tengkleng Bu Edi

Kalau kamu sempat mengunjungi pasar Klewer, jangan lupa untuk mampir sebentar ke Tengkleng Bu Edi. Kuliner yang satu ini cepet banget habisnya, jadi disarankan kamu harus datang lebih awal karena Tengkleng Bu Edi ini baru buka sekitat jam 2 siang.

Makanan ini berisikan nasi yang dicampur dengan jeroan kambing dan disiram dengan kuah kuning yang bening. Rasanya rempahnya terasa sehingga akan menciptakan rasa yang gurih dan segar.

4.Sambel Tumpang Pecel Bu Kis

Mungkin kamu udah ga asing lagi dengan yang namanya pecel, karena biasanya setiap ke daerah kota yang berada di Jawa pasti selalu ada mkanan yang satu ini. Namun berbeda halnya dengan pecel yang satu ini, isinya terdapat krecekm tahu, rempah dan tempe. Selain itu disajikan dengan sambel tumpang yang miliki rasa manis, gurih dan pedas.

Lebih lengkap lagi jika disajikan dengan nasi putih dan sambel utmpang pecel Bu Kis ini buka dari jam 7 pagi.

5.Selat Solo Mbak Lies

Kalau kamu belum familiar dengan namanya, mending coba dulu deh makanan yang satu ini. Selat solo merupakan makanan yang berupa potongan dari daging giling yang dibentuk seperti lontong. Selat ini disajikan bersama sayuran seperti buncis, kacang polong, kentang, selada, dan wortel.

Makanan ini akan disajikan dengan kuah kental asam manis khas Solo. Makanan ini gak berbeda jauh dengan steak, bedanya hanya di bentuk dagingnya saja. Nah Selat Solo yang paling terkenal itu ya punya Mbak Lies ini. Rumah makannya pun unik berlokasi di jalan Veteran, Gg. Yudsitira II No.42.

6.Nasi Soto Gading

Makanan yang satu ini cocok untuk dijadikan sarapan. Satu porsinya terdiri dari nasi, suwiran ayam, kentang, soun dan disiram dengan kuah bening. Selain itu kamu pun menambahkan topping tambahan seperti sate ampela, sate usus dan telur puyuh.

Walaupun sepertinya terkesan seperti soto biasanya, namun banyak pejabat negara yang pernah mampir ke tempat ini loh.

Gimana nih guys udah punya wishlist mau kemana? Mending cobain aja deh semua daripada nyesel udah jauh jauh ke Solo…

Leave a Reply

Your email address will not be published.