KULINER JOGJAKARTA YANG WAJIB KAMU COBAIN

Jogjakarta adalah salah satu kota besar di Indonesia yang punya dengan berbagai macam kuliner di dalamnya.

Kota ini menjadi salah satu destinasi warga lokal maupun asing untuk berkunjung ketika sedang musim liburan.

Selain tempat wisata yang banyak, tempat kulinernya juga menarik. Itu kuliner di Jogja terkenal dengan sangat murah dan cocok sekali untuk kamu yang sering backpackeran.

Berbicara tentang makanan khas Jogja, banyak makanan yang diminati oleh penduduk lokal maupun  penduduk luar.

Kuliner Jogjakarta Terenak

Salah satu yang terkenal dari Jogja itu angkringan,  Merupakan sebuah kedai yang  di dengan gerobak,  lalu kalau kita makan di tempat kita disuguhkan dengan tempat yang lesehan. 

Selain harganya murah, angkringan  juga Menjadi salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi oleh turis. 

Selain angkringan,  banyak jajanan kuliner lain yang bisa kamu kunjungi saat kamu berada di Jogja.

Kuliner Jogja memang terkenal dengan rasanya yang manis dan gurih di lidah Tetapi ada juga makanan pedas lainnya yang bisa kamu cobain. 

Di bawah ini ada beberapa tempat wisata kuliner Jogja yang harus kamu coba saat sedang liburan.

1.Oseng mercon Bu Narti

Siapa disini yang suka makanan pedas? Kuliner ini cocok banget buat kamu pecinta pedas. Satu porsi nasi mercon Bu Narti dibandrol sekitar 25 ribu rupiah.

Oseng mercon ini sudah sangat terkenal di Jogja, bahkan pelanggannya pun lebih banyak dari luar kota.

Warung ini selalu ramai pengunjung, bahkan kita ga bisa prediksi warung ini tutup jam berapa. Oseng mercon berbahan dasar dari gajih sapi, daging, tulang, kulit serta potongan cabe rawit yang pedasnya bisa bikin kamu sampe keringetan.

Posisi tempatnya tidak jauh dari malioboro hanya sekitar 800 meter, kalau mau kesini harus dating lebih awal ya biar ga kehabisan.

2.Soto Bathok Mbah Katro

Soto ini merupakan soto khas Jogja yang sangat unik. Karena setiap soto yang disajikan bukan menggunakan mangkok, melainkan mengunakan batok kelapa. Kuliner ini berada di sekitar Kawasan Candi Sambisari, Sleman.

Selain kamu bisa meningmati soto, kamu juga bisa menikmati pemandangan sawah di sekitar warung itu karena konsepnya merupakan tempat makan yang terbuka dan menyatu dengan alam.

Isi dari soto ini terdiri dari nasi, daging sapi yang dipotong kecil-kecil, ditaburi dengan daun seledri dan disiram dengan kaldu sapi.

Selain itu ada berbagai macam topping lainnya seperti sate usu, telur puyuh, dan tempe goreng.

3.Gudeng pawon

Ga lengkap rasanya bila kita ke Jogja tapi ga merasakan kuliner khas yang satu ini. Jogja terkenal sekali dengan gudegnya dan banyak penjual gudeg dengan ciri khas yang berbeda.

Apalagi gudeg yang satu ini yaitu gudeg pawon tepatnya di daerah Umbulharjo, pawon artinya dapur, jadi jangan heran kalo kamu datang kesini kamu bisa lihat secara langsung bagaimana pembuatannya dan berkonsep di dapur.

Gudeg ini baru buka diatas jam 9 malam, dan kalau kamu terlambat sedikit kamu akan kehabisan. Untuk makan satu porsi gudeg ini dibandrol sekitar 13 ribu sampai 25 ribu.

4.Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto ini berbeda dengan soto yang berbeda dengan biasa. Pasalnya soto ini merupakan soto ala Madura yang di padu padankan dengan ras khas Jogja yang manis.

Soto ini hanya berisi daging sapi dan jeroan saja dengan kuah bening. Untuk menyantap soto ini, kamu hanya perlu mengeluarkan sepuluh ribu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.